Dari Aktivis, Politisi, hingga ‘Musisi’



Jakarta

Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia, berhasil menarik perhatian publik karena 160 Undang-Undang telah diselesaikan Komisi II selama masa jabatannya. Di luar politik, Doli juga aktif di dunia musik dengan menciptakan lagu-lagu bernuansa nasionalisme dan merilis dua album yang mendapat apresiasi, termasuk dari Presiden Jokowi.

Sejak tahun 2019, Doli juga konsisten di komisi tersebut dan tidak pernah berpindah ke komisi-komisi lainnya. Ia mengaku memiliki passion pada isu demokrasi, pemerintahan dan pemilu, sehingga tugas di DPR ibarat melakukan hobi yang menyenangkan.

“Impian saya dapat menyumbang pikiran dan tenaga untuk memperbaiki dan menyempurnakan sistem politik kita, sehingga semakin matang ke depan”, ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (29/9/2024).

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Karier politik Doli dimulai jauh sebelum ia menjadi anggota parlemen. Sebagai mantan Sekretaris Jenderal Pengurus Besar HMI dan Ketua Umum KNPI, ia sudah aktif dalam berbagai gerakan mahasiswa selama masa reformasi.

Setelah melewati berbagai tantangan, termasuk kegagalan dalam pemilihan legislatif 2014, Doli akhirnya terpilih sebagai anggota DPR pada 2019. Konsistensinya membuahkan hasil, dan di Pileg 2024, ia memimpin Partai Golkar untuk meraih 102 kursi, peningkatan signifikan dari pemilu sebelumnya yang hanya menghasilkan 85 kursi.

Ahmad Doli KurniaAhmad Doli Kurnia Foto: Istimewa

Strategi kemenangan ini dicapai melalui lima pendekatan utama, termasuk objektivitas penempatan calon legislatif dan proses seleksi yang ketat.

“Kuncinya adalah persiapan yang matang, dan konsisten menjaga strategi yang sudah direncanakan”, paparnya.

Di luar dunia politik dan aktivisme, Doli juga memiliki kecintaan mendalam pada musik. Dimulai dari kegelisahannya melihat sejumlah murid sekolah hingga pejabat tidak hafal Lagu Kebangsaan, termasuk Indonesia Raya.

“Saya berdiskusi dengan teman-teman, harus melakukan sesuatu untuk menjembatani gap ini. Gap-nya bahwa dunia sudah berubah, anak-anak muda tumbuh dengan teknologi informasi. Maka sosialisasi nasionalisme juga harus lebih inovatif, mengikuti tren tanpa kehilangan substansi,” ujarnya.

Setelah itu, ia dan sejumlah musisi mendirikan Sinergy for Indonesia, komunitas yang ingin mengembalikan spirit kebangsaan ke anak-anak muda. Terbesit ide untuk mengaransemen ulang lagu-lagu yang bernuansa nasionalisme dengan sentuhan Rock, Reggae, hingga Ska. Hasilnya, lagu Garuda Pancasila, Hari Merdeka, Bagimu Negeri seperti terlahir kembali dalam balutan irama yang lebih segar.

Album pertamanya, ‘Nyanyian Rumah Indonesia’, dirilis pada 2019, diikuti oleh album kedua, ‘Nyanyian Anak Negeri – Pusaka Nusantara’, yang dirilis pada 2023. Doli tidak hanya memproduseri album-album tersebut, ia juga turut menciptakan lagu, seperti ‘Nusantara’, ‘Indonesia Bangkit’, dan ‘Jayalah Selamanya’.

Dalam peluncuran album terbarunya (31/8/2023), Presiden Jokowi memberikan dukungan melalui video apresiasi atas usaha Doli dalam mempromosikan semangat kebangsaan melalui musik.

(tidak keduanya/tidak keduanya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *