Pimpinan DPRD DKI Jakarta Akan Dilantik 4 Oktober 2024




Jakarta

DPRD DKI Jakarta akan melantik pimpinan definitif pada 4 Oktober 2024. Pelantikan itu akan dilaksanakan dalam rapat paripurna.

“Untuk rapat paripurna pelantikan pimpinan definitif hari Jumat (4/10), setelah Jumatan (salat Jumat),” ucap Plt Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD DKI Jakarta Augustinus saat dikonfirmasi, Rabu (2/10/2024).

Sebagai informasi, awalnya paripurna pelantikan pimpinan DPRD DKI Jakarta periode 2024-2029 direncanakan dilaksanakan Rabu (2/10) ini. Namun, Augustinus menyebut, jadwal pelantikan diundur lantaran pihaknya masih harus mematangkan persiapan rapat paripurna.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

“Kami di Sekretariat Dewan masih menyempurnakan persiapan acara paripurna pelantikan pimpinan definitif dan acar hari baik, yaitu setelah Jumatan,” ungkapnya.

Ia pun memastikan, DPRD DKI sudah menerima Surat Keputusan (SK) perihal penetapan pimpinan dewan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Untuk SK Mendagri sudah turun dari kemarin,” tuturnya.

Sebelumnya, Ketua Sementara DPRD DKI Jakarta Achmad Yani mengumumkan nama-nama calon pimpinan DPRD masa jabatan 2024-2029. Anggota DPRD DKI dari Fraksi PKS dipilih menjadi Calon Pimpinan DPRD DKI Jakarta 2024-2029.

Achmad Yani mengatakan pemilihan pimpinan DPRD DKI Jakarta berdasarkan Surat Keputusan masing-masing partai politik. Mereka adalah Ketua DPRD Khoirudin, Wakil Ketua DPRD ada Ima Mahdiah dari Fraksi PDIP, Rani Mauliani dari Fraksi Gerindra, Wibi Andrino dari Fraksi Nasdem, dan Basri Baco dari Fraksi Golkar.

“Dengan dibacakannnya pimpinan ini, maka berakhirlah sudah rapat paripurna ini,” tutup Achmad Yani.

Sebagai informasi, ada lima partai politik atau fraksi yang berhak mendapatkan kursi pimpinan di DPRD Jakarta yakni PKS, PDI-P, Gerindra, Nasdem, dan Golkar. PKS yang unggul dengan perolehan 1.012.028 suara akan memperoleh 18 kursi DPRD DKI Jakarta untuk periode 2024-2029, bertambah 2 kursi dibandingkan periode 2019-2024.

(bel/zap)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *