Temukan yang Paling Sedikit Buruk




Jakarta

Seleksi calon pimpinan (capim) KPK saat ini menyisakan 10 orang peserta untuk masuk ke tahapan fit and proper test di DPR. Mantan Ketua KPK Abraham Samad mengimbau DPR untuk memilih lima pimpinan KPK yang berkualitas.

“Sekarang kita tinggal imbau DPR nya untuk bisa memilih dari ke 10 orang ini adalah orang-orang yang paling sedikit keburukannya, karena kalau mencari orang yang berintegritas agak susah ya dari 10 orang ini kita mencari orang yang integritasnya bagus,” kata Samad kepada wartawan, Rabu (2/10/2024)

“Mungkin yang perlu diperhatikan DPR dari 10 ini dicari yang paling sedikit keburukannya,” sambungnya.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Samad mengatakan DPR bisa menganulir atau menolak 10 nama itu bila dirasa ternyata tidak ada yang berintegritas. Dia menyebut nantinya DPR bisa mengembalikan 10 nama itu ke pansel lalu dilakukan seleksi ulang.

“Sebenarnya kalau DPR mau konsistensi betul-betul memilih yang berintegritas ternyata dari 10 orang ini DPR melihat tidak ada yang memenuhi syarat, maka dia bisa menganulir menolak, dia kembalikan ke pansel dan pansel melakukan rekrutmen orang ada itu mekanisme,” ujarnya.

Pansel KPK diketahui telah menyerahkan masing-masing 10 calon pimpinan KPK dan calon Dewas KPK ke Presiden Jokowi pada Selasa (1/10). Total 20 nama itu nantinya diserahkan Jokowi ke DPR untuk mengikuti fit and proper test.

Kapim KPK

1. Agus Joko Pramono
2. Ahmad Alamsyah Saragih
3. Djoko Poerwanto
4. Fitroh Rohcahyanto
5. Ibnu Basuki Widodo
6. Itu adalah Ida Budha
7. Johanis Tanak
8.Michael Rolandi Cesnanta Brata
9. Poengky Indarti
10. Setyo Budiyanto

Dewas KPK

1. Benny Jozua Mamoto
2.Chisca Mirawati
3. Elly Fariani
4. Gusrizal
5. Hamdi Hassyarbaini
6.Heru Kresna Reza
7. Iskandar Mz
8. Pendarahan
9. Sumpeno
10. Wisnu Baroto

(ketika/eva)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *