Kepuasan Publik ke Jokowi 75% Versi Survei Indikator, Istana Apresiasi




Jakarta

Tingkat kepuasan publik terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) di angka 75% menurut hasil survei Indikator Politik Indonesia. Istana mengapresiasi hasil survei tersebut.

“Kami sangat menghargai dan mengapresiasi hasil survei dari Indikator Politik Indonesia yang menunjukkan bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Joko Widodo masih sangat tinggi, hingga mencapai 75% menjelang akhir masa jabatannya,” ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana kepada wartawan, Jumat (4/10/2024).

Yusuf mengatakan hasil survei ini mencerminkan dukungan dan kepercayaan masyarakat. Terutama terhadap kepemimpinan Jokowi serta kebijakan-kebijakan yang telah diimplementasikan selama ini.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

“Tingkat kepuasan yang tinggi ini adalah bukti bahwa upaya keras pemerintah dalam berbagai bidang, mulai dari infrastruktur, kesehatan, pendidikan, hingga penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi, telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” kata Yusuf.

Menurut Yusuf, Jokowi terus mendorong inovasi dan penyempurnaan penyelenggaraan pemerintahan. Jokowi, jelas Yusuf, sangat terbuka dengan segala masukan.

“Beliau selalu terbuka terhadap masukan dari semua elemen masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia,” tuturnya.

Survei Indikator

Survei dilakukan periode 22-29 September 2024. Jumlah responden sebanyak 1.200 warga Indonesia.

Adapun sampel tambahan diambil dari 11 provinsi terbesar, yakni Sumut, Riau, Sumsel, Lampung, Banten, Jakarta, Jabar, Jateng, Jatim ,dan Sulsel. Tiap wilayah jumlah respondennya 300, sementara Sumbar menjadi 200 responden.

Metode survei multistage random sampling. Margin of error sekitar 2,3% dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden ditanya ‘Apakah sejauh ini Ibu/Bapak sangat puas, cukup puas, kurang puas atau tidak puas sama sekali dengan kinerja Presiden Jokowi’. Hasilnya, 75 persen publik puas atas kinerja Jokowi.

“Mayoritas merasa puas dengan kinerja Presiden Jokowi 75%” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, dalam paparannya, Jumat (4/10/2024).

Berikut ini data surveinya:

– Sangat puas: 15,04%
– Cukup puas: 59,92%
– Kurang puas: 20,21%
– Tidak puas sama sekali: 4,23%
– Tidak Tahu: 0,60%

(satu/des)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *