Hari Arsitektur Sedunia 7 Oktober 2024: Tema dan Sejarahnya



Jakarta

Tanggal 7 Oktober 2024 diperingati Hari Arsitektur Sedunia (Hari Arsitektur Sedunia). Hari ini dirayakan setiap tahun pada hari Senin pertama di bulan Oktober yang bertepatan dengan Peringatan Global Hari Habitat Sedunia (Hari Habitat Sedunia) oleh UN-Habitat.

Hari Arsitektur Sedunia diciptakan oleh International Union of Architects (UIA) pada tahun 1985. Peringatan hari ini yang juga bertepatan dengan Hari Habitat Dunia PBB, bermaksud menyelaraskan upaya komunitas arsitektur dengan tujuan pembangunan perkotaan global.

Tema Hari Arsitektur Sedunia Tahun 2024

Untuk tahun ini UIA memperingatinya Hari Arsitektur Sedunia tanggal 7 Oktober 2024 dengan mengusung tema “Memberdayakan Generasi Penerus dalam Desain Perkotaan Partisipatif” atau yang artinya “Memberdayakan Generasi Penerus dalam Desain Perkotaan Partisipatif”.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Tema tahun ini menekankan peran arsitek muda dalam perencanaan dan pengembangan kota. UIA turut mendorong para arsitek muda untuk terlibat dalam proses partisipatif, menyumbangkan perspektif baru yang penting untuk pembangunan berkelanjutan.

Penekanan khusus juga diberikan pada pengembangan ekonomi perkotaan yang tangguh, di mana kota mendorong pertumbuhan dan pemulihan melalui praktik-praktik yang inovatif dan berkelanjutan. Bidang-bidang utama yang menjadi fokus peringatan tahun ini meliputi efisiensi energi, pengelolaan limbah, penggunaan material yang berkelanjutan, dan promosi mobilitas yang berkelanjutan.

Upaya-upaya ini bertujuan untuk menciptakan kota yang ramah lingkungan dan mengurangi ketergantungan pada sumber daya eksternal. Para arsitek muda juga dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan, melibatkan masyarakat dalam proses desain, serta mempromosikan peruntukan dan perawatan ruang publik.

Latar Belakang dan Sejarah Hari Arsitektur

Sejarahnya, Hari Arsitektur Sedunia ini diciptakan pada tahun 2005 oleh Union International des Arsitek (Persatuan Arsitek Internasional/UIA). Hari ini untuk menunjukkan apresiasi terhadap pekerjaan yang dilakukan oleh para arsitek dan untuk merayakan beberapa karya arsitektur global yang luar biasa.

Arsitektur sangatlah penting dan para arsitek memiliki potensi untuk membentuk kehidupan kita semua melalui kerja keras mereka. Selain itu, arsitektur memainkan peran penting dalam merencanakan masa depan, menopang pertumbuhan populasi, dan mengatasi sejumlah masalah sosial.

(wia/idn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *