KLHK Targetkan 300 Peta Jalan Pengurangan Sampah dari Produsen pada 2025




Jakarta

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menargetkan terbentuk 300 peta jalan atau peta jalan yang dibuat oleh produsen untuk pengurangan sampah pada 2025. Hal itu diungkapkan oleh Dirjen PSLB3 KLHK Rosa Vivien Ratnawati.

“Menargetkan sekitar 300, sekitar 300-lah harus ada peta jalan,” ungkap Rosa seusai acara Pemberian Apresiasi atas Pelaksanaan Peta Jalan Pengurangan Sampah Tahun 2024 di Hotel Westin Jakarta pada Senin (7/10/2024)

Peta jalan tersebut merupakan tanggung jawab produsen dalam pencapaian target pengurangan sampah nasional. Rosa menyebut setidaknya implementasi pelaksanaannya tercapai 50% dari target tersebut.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Implementasinya sepertinya tidak mungkin mencapai 300, setidaknya setengah dari 300 sudah terlaksana, kata Rosa.

Adapun Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah memberikan apresiasi kepada 20 dari 52 produsen yang telah melaksanakan peta jalan pengurangan sampah. Apresiasi tersebut diberikan atas komitmen dan kepatuhan produsen dalam mencapai target pengurangan sampah.

“Kenapa 20 produsen ini diberikan penghargaan, karena memang 20 perusahaan ini telah membuat peta jalan pengurangan sampah dan telah melakukan implementasinya,” tegas Rosa

Diketahui sebanyak 127 ribu ton sampah pada 2023 berhasil dikurangi oleh 20 perusahaan tersebut. Sebanyak 30% dari sampah yang dihasilkan berhasil dikurangi melalui kerja sama produsen dan bank sampah hingga pusat daur ulang dengan membentuk peta jalan pengurangan sampah.

“Ini kan sesuai dengan peta jalan, apa namanya, pengurangan sampah yaitu 30% dari sampah yang dihasilkan itu kemudian bisa dikurangi,” kata Rosa

“Usaha yang dilakukan adalah mereka bekerja sama dengan bank sampah pusat daur ulang,” jelasnya.

(aik/aik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *