6 Hal Diketahui soal OTT KPK Usai 8 Bulan ‘Puasa’



Jakarta

KPK kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT) setelah 8 bulan ‘berpuasa’. OTT kali ini menyasar wilayah Kalimantan Selatan.

“Benar, KPK melakukan giat penangkapan,” kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron kepada detikcomMinggu (6/10/2024).

Dirangkum detikcomSenin (7/10/2024), OTT di Kalsel tercatat sebagai operasi tangkap tangan ketiga KPK di tahun 2024. KPK sebelumnya menggelar OTT di Sidoarjo, Jawa Timur, pada Januari 2024 dan OTT di Labuhanbatu pada Februari 2024.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Setelah OTT di Februari lalu, KPK seperti berpuasa dalam menggelar operasi tangkap tangkap. Kerja penindakan yang menjadi salah satu ciri khas KPK itu sunyi terdengar.

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, sempat beberapa kali melontarkan lembaganya mulai jarang melakukan OTT. Alasannya beragam, mulai dari koruptor yang makin pintar hingga OTT kini dianggap sebagai hiburan semata.

“Ya okelah OTT, ya syukur-syukurlah kalian dapat nanti, kan. Ya buat hiburan ‘tinggggg’ (bunyi handphone disadap), buat masyarakat senang,” ujar Alex dalam sebuah diskusi di Jakarta, 21 Juni 2024 silam.

Kini, OTT di Kalsel itu menjadi penanda KPK telah ‘berbuka puasa’. Berikut sederet fakta terkait OTT di Kalsel yang dirangkum detikcom:

1. KPK: Uang di Tangan Orang Kepercayaan Gubernur

Alexander Marwata menjelaskan OTT kali ini terkait pemberian uang ke pejabat. Dia tidak menjelaskan detail soal perkara yang membuat KPK melakukan OTT di Kalsel.

Alexander hanya menyebut ada uang yang diterima orang diduga kepercayaan Gubernur.

“Patut diduga,” kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata kepada wartawan, Senin (7/10/2024).

“Uang baru nyampe di tangan orang yang diduga kepercayaan gubernur,” tambahnya.

Dia juga Awalnya tak menyebut detail siapa orang yang dimaksud. Dia hanya menyebut KPK kerap menangani kasus dugaan suap yang melalui perantara orang kepercayaan pejabat.

“Dalam banyak kasus memang suap atau gratifikasi diberikan lewat orang-orang kepercayaan dari penyelenggara negara,” ujar Alex.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *