Hasnu Ibrahim Nyalon Ketum PB PMII, Usung Nusantara Maju




Jakarta

Hasnu Ibrahim turut meramaikan bursa Ketua Umum Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) periode 2024-2027. Dia maju sebagai caketum dengan mengusung tema besar Nusantara Maju.

“Dengan tema besar kepemimpinan PMII untuk Nusantara Maju, Berdaulat dan Berkelanjutan sebagai respons cepat PMII terhadap Ibu Kota Nusantara sebagai simbol transformasi negara maju dan modern di masa depan,” kata Hasnu dalam keterangannya, Selasa (6/8/2024).

Hasnu aktif sebagai kader muda Nahdlatul Ulama (NU) termasuk ketika mengenal pertama PMII saat berkuliah di Universitas Muhammadiyah yang kala itu di bawah koordinasi PKC PMII Bali Nusra. Sebelum menamatkan gelar S2 pada 2023 di Ilmu Politik Universitas Nasional, Jakarta, Hasnu juga aktif dalam organisasi PMII.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia sudah 12 tahun aktif di PMII. Hasnu juga pernah menjabat Ketua Komisariat PMII Universitas Muhammadiyah Kupang pada tahun 2017 sebelum akhirnya menjadi Ketua Cabang PMII Kupang periode 2018-2019.

Kini Hasnu menjabat Wakil Sekjen PB PMII periode 2021-2024. Menurut dia, tugas PMII adalah bagaimana memastikan dua agenda utama yakni pertama, memperkuat partisipasi publik sebagai roh demokrasi.

Di luar PMII, Hasnu aktif pada Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia (FL2MI) Region Bali Nusa Tenggara pada 2016 -2018. Dia juga pernah diangkat menjadi Dewan Pimpinan Pusat Indonesia Youth Congres 2020-2022 yang menangani bidang Politik, Pemerintahan dan Pembangunan Demokrasi.

Kemudian, dia menjadi pengurus Koalisi Masyarakat Pemberantasan Korupsi (KOMPAK) Indonesia pada tahun 2019 – 2022 hingga menjadi Pendiri dan Direktur Utama PT Sepang Media Indonesia. Selanjutnya, dia mendirikan Gerakan Politik Rakyat (Gerpol-Rakyat) sebagai upaya memperkuat kerja-kerja masyarakat sipil di Indonesia. Tidak hanya berpengalaman di organisasi.

Hasnu pernah bekerja pada Kantor Lembaga Hukum dan HAM PADMA Indonesia. Termasuk mengikuti Pelatihan Instruktur Pendamping Desa, Kemendes dan Event Organizer (EO) pelatihan peningkatan kapasitas pendamping desa se-Provinsi NTT tahun 2022.

Atas pengalaman ini, tak jarang dia kerap menjadi narasumber kegiatan Bawaslu hingga mengikuti Pelatihan Talenta Muda, Kemenaker pada program digital skill. Termasuk memberikan pelatihan advokasi dan pendampingan kebijakan publik.

Sebagai informasi, pemilihan Calon Ketua Umum PB PMII telah masuk pada tahapan konsolidasi ke cabang-cabang dan pengurus wilayah PMII se-Indonesia. Kongres akan digelar 9-15 Agustus 2024 di Palembang, Sumatera Selatan.

(maa/maa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *