Pemkot Serang Terima Bantuan Instalasi Air Bersih dari Kostrad untuk Pesisir




Serang

Daerah pesisir Kota Serang di Kecamatan Kasemen mendapatkan bantuan 2 instalasi air bersih dari Kostrad (Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat). Instalasi dengan total penampungan 10 ribu lebih liter air ini diberikan untuk penduduk di kawasan sulit air bersih.

Dua instalasi air bersih diberikan masing-masing di Kelurahan Bendung dan Terumbu. Air bersih ini disalurkan untuk ratusan warga di dua kelurahan tersebut untuk kebutuhan air minum dan penunjang lainnya.

Di instalasi air ini ada penampungan air bersih masing-masing 5000 liter lebih. Setiap penampungan, air bisa dimanfaatkan untuk ratusan kepala warga di dua kelurahan itu.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN DENGAN KONTEN

“Titir air khususnya untuk masyarakat yang kekurangan air. Ada dua titik, Bendung dan Terumbu di Kecamatan Kasemen,” kata Yedi di lokasi penampungan air kepada wartawan, Minggu (11/8/2024).

Bantuan dari Kostrad ini adalah program TNI AD Manunggal Air. Rencananya, pada Senin (12/8) besok akan diresmikan langsung oleh Pangkostrad Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa.

Yedi mengatakan, bantuan dari Kostrad ini disambut baik oleh Pemkot Serang karena bisa memberikan dampak langsung untuk warga di Kasemen. Jika kemarau tiba, daerah kecamatan ini katanya sering krisis air.

“Kemarau panjang pun masih ada air,” jelasnya.

Yedi juga berharap warga bisa memanfaatkan air dari bantuan Kostrad ini dengan maksimal termasuk untuk konsumsi. Apalagi, air di daerah ini dikenal payau atau bahkan asin.

“Dengan adanya air ini, ibu-ibu bisa kebantu ya, karena tadi kita sudah nyobain semua, Alhamdulillahairnya sudah tidak payau dan bisa dikonsumsi,” ucap Yedi kepada warga di Terumbu.

Warga bernama Rohimah mengatakan, warga Terumbu sehari-hari memang memanfaatkan air khususnya dari irigasi. Air irigasi digunakan misalnya untuk mencuci.

“Air di sini asin, kalau tidak mengalir (irigasi) tidak ada airnya, susah,” kata Rohimah.

(bri/dwia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *