Lurah Ungkap 100 Rumah Lebih di Manggarai Jaksel Terdampak Kebakaran



Jakarta

Lurah Manggarai Selatan, Arafat Dinsirat mengungkap sebanyak 100 rumah lebih dari total 21 RT terdampak akibat kebakaran. Dia menyebut titik kebakaran mulanya berada di RW 6.

“Total dari RW ada 2, RW 6 dan RW 12. Jumlah RT yang terdampak RW 6 itu 15 RT, RW 12 itu 6 RT. Kalau detailnya kami belum bisa mengakses ya (jumlah rumah yang terbakar). Kalau pastinya di atas 100 rumah,” ungkap Arafat kepada wartawan di lokasi kebakaran, Selasa (13/8/2024).

Lurah Manggarai Selatan, Arafat Dinsirat (Kurniawan Fadilah/detikcom)Lurah Ungkap 100 Rumah Lebih di Manggarai Jaksel Terdampak Kebakaran Foto: Lurah Manggarai Selatan, Arafat Dinsirat (Kurniawan Fadilah/detikcom)

Dia menyebut sejauh ini pihaknya bersama dengan seluruh stakeholder sudah menyiapkan beberapa tempat pengungsian. Sejauh ini sudah ada empat titik pengungsian yang disiapkan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN DENGAN KONTEN

“Yang jelas kami fokus ke dalam penanganan setelah kejadian kebakaran pada warga Manggarai. Lokasi pengungsian juga sudah kita siapkan semua di RW 7 Masjid Al Falah, kemudian di SD 05 RW 9, di pos RW 12, ada juga di parkiran Stasiun Kereta Api Bandara,” ungkapnya.

Petugas penanggulangan kebakaran dan keselamatan (Gulkarmat) Sudin Jaksel menyebut kendala pemadaman yakni sulitnya akses air. Petugas menyebut debit air di sungai Minangkabau kecil.

“Ya memang kendalanya padat hunian, awal, terus solo ambon (sungai) juga yang di Minangkabau tadi debitnya kecil sehingga kita harus masuk di pintu air. Nah jadi awal kita sumber air ada di Minangkabau dan debitnya memang kecil dan kita harus bendung supaya ada embung air,” ujar perwira piket Sudin Gulkarmat Jaksel, Triyanto di lokasi, Selasa (13/8/2024).

Lokasi kebakaran persisnya di Jalan Dr Saharjo RW 06 dan RW 012, Kelurahan Manggarai. Dia menyebut untuk proses pemadaman di lokasi terdapat 35 unit mobil dengan 120 personel. Dia juga menjelaskan masih dilakukan proses pendinginan untuk mencegah titik api muncul lagi.

“Jumlah total ada 35 unit, 31 unit dari Jaksel dan 4 unit dari Jakarta Timur dengan jumlah keseluruhan personel kurang lebih 120 orang. Untuk tahapan saat sekarang itu dalam tahapan pendinginan, jadi kita belum nyatakan selesai secara keseluruhan, jadi masih pendinginan,” ungkap Tri.

Dia mengatakan petugas mendapat informasi awal terkait kebakaran ini dari laporan warga melalui telpon pukul 02.30 WIB. Dia menyebut unit pertama tiba di lokasi pukul 02.32 WIB.

“Sampai titik api jam 02.42 WIB dan mulai bekerja 02.44 WIB. Mulai lokalisir jam 06.30 WIB. Jadi 06.57 WIB kita mulai tahapan pendinginan sampai sekarang dan belum kita pastikan kapan sampai batas waktu. Yang pasti kita akan total sampai betul-betul selesai,” ucapnya.

(Azh/Azh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *