Analisis Pakar soal Peluang Repol-Ardo di Pilbup Kampar




Kampar

Golkar resmi mengusung Repol dan Rahmat Jefary Juniardo (Ardo) di Pilkada Kampar 2024. Bagaimana peluang keduanya di Pilbup Kampar?

Pengamat politik Universitas Riau, Tito Handoko, angkat bicara. Menurutnya, Repol dan Ardo punya peluang besar menang di Pilbup Kampar.

“Ini tidak hanya berdasarkan fakta bahwa dalam berbagai hasil survei Repol selalu unggul sebagai Calon Bupati, tapi juga ketika disimulasikan dengan beberapa faktor pun Repol-Ardo tetap posisi teratas,” ujar Tito dalam keterangannya, Minggu (18/8/2024).

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN DENGAN KONTEN

Diketahui, Repol merupakan Wakil Ketua DPRD Kampar 2019-2024, dan Ketua DPD II Partai Golkar Kampar. Sementara Rahmat Jefary Juniardo, merupakan anggota DPRD Kampar 2014-2017, sekaligus Ketua DPC Partai Demokrat Kampar.

Tito menyebut Repol-Ardo secara sebaran pemilih tetap unggul. Pasalnya, wilayah Kampar tengah sudah sesak kandidat, seperti Yusri, Ahmad Yuzar, Edwin Pratama, dan Yuyun Hidayat.

Sementara, Repol merupakan satu-satunya kandidat perwakilan Kampar kiri. Tito juga meyakini Ardo bisa meraup dukungan besar dari segmen pemilih Kampar kanan dan Tapun.

Tito memprediksi Demokrat akan menerbitkan surat rekomendasi untuk mengusung Repol-Ardo. Karena secara survei elektabilitas hingga sebaran pemilih, Repol-Ardo dinilai unggul.

“Kalau Yusri-Ardo akan rugi karena garapan (suara) secara geopolitik justru tidak akan maksimal. Yusri, Ahmad Yuzar, Edwin Pratama yang semuanya berasal dari satu geopolitik yang sama, lalu ada Yuyun. Makanya akan lebih menguntungkan jika Ardo berpasangan dengan Repol. Menguntungkan bagi geopolitiknya. Ardo bisa mendapatkan segmen Kampar kanan dan Tapung, sementara Repol bisa menyelesaikan di Kamparkiri,” pungkas Tito.

(satu/satu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *